Gejala Darah Tinggi

Gejala Darah Tinggi – Tekanan darah tinggi rata-rata tidak memiliki gejala apapun. Anda bisa mengetahuinya setelah memeriksakan ke dokter dan dilakukan pengukuran tekanan darah. Jika darah Anda sudah diponis berada pada tingkat darah tinggi, sebaiknya Anda rutin memeriksa tekanan darah dalam waktu yang ditentukan oleh dokter. Jika tekanan darah Anda tinggi biasanya memiliki gejala darah tinggi diantaranya:

  • Kepala pusing
  • Masalah pada penglihatan
  • Pikiran tidak fokus yang kadang kala merasa bingung
  • Cepat mengantuk
  • Sakit pada kepala
  • Masalah pernafasan yang bisa menimbulkan sesak nafas

Tidak semua yang menderita darah tinggi memiliki gejala seperti diatas. Hanya sebagian kecil saja yang merasakan gejala-gejala tersebut. Namun walaupun darah tinggi tidak menimbulkan gejala seperti diatas, tetap dapat merusak pada organ tubuh dan menimbulkan penyakit-penyakit berbahaya. Contoh penyakit yang dapat ditimbulkan karena tekanan darah tinggi diantaranya serangan jantung, stoke, penyakit ginjal.

Gejala Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi walaupun penyakit berbahaya, tetapi bisa Anda atasi dengan berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Darah tinggi terbagi 2, yaitu:

1.Hipertensi primer

Rata-rata orang yang menderita darah tinggi ada pada jenis ini. Pada jenis hipertensi primer belum diketahui secara pasti apa penyebabnya, namun dari hasil penelitian ada kaitannya dengan pola hidup dan pola makan yang tidak sehat.

2.Hipertensi sekunder

Pada jenis hipertensi sekunder hanya sebagian kecil saja orang yang menderitanya. Beda halnya dengan hipertensi primer, pada jenis ini hipertensi disebabkan karena faktor penyakit dan juga obat-obatan yang mempengaruhi terjadinya tekanan darah tinggi.

Hipertensi rata-rata tidak diketahui apa penyebab gejala darah tinggi apalagi pada jenis hipertensi primer. Namun Anda bisa lebih mudah terkena tekanan darah tinggi apabila memiliki faktor-faktor yang dapat meningkatkan terjadinya tekanan darah tinggi. Faktor-faktor itu diantaranya:

  • Obesitas atau kegemukan
  • Tubuh yang kurang beraktifitas
  • Terlalu banyak makan makanan yang memiliki kadar garam tinggi seperti goreng gorengan
  • Konsumsi buah dan sayur yang terlalu sedikit
  • Minum minuman beralkohol yang berlebihan

Ada juga faktor resiko lainnya yang dapat meningkatkan tekanan darah tinggi adalah karena terlalu sering dan terlalu banyak merokok. Memang rokok bisa membuat seseorang merasa seperti ada yang nemenin dan juga bisa membuat seseorang dengan meningkatkan kegembiraan, namun telah kita ketahui pasti bahwa merokok dapat menimbulkan penyakit berbahaya, selain darah tinggi juga bisa menyebabkan penyakit jantung, paru-paru dan lain sebagainya.

Terlalu banyak makan makanan yang mengandung lemak juga sangat berbahaya, meskipun tidak ada hubungannya dengan tekanan darah tinggi. Tapi hal ini bisa menyebabkan timbulkan penyebab darah tinggi yaitu kelebihan kolesterol dengan tingkat trigliserida, ureum dan kreatinin tinggi. Kolesterol dapat menimbulkan penyakit berbahaya lainnya seperti jantung, stroke. Maka kurangi juga ya makan makanan yang mengandung terlalu banyak lemak.

Gejala Darah Tinggi

>> Cara Menyembuhkan Darah Tinggi

This entry was posted in Cara Menyembuhkan Darah Tinggi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *